Edonkey-Divx

The Art Of Living

10 PESEPAKBOLA BERTUBUH MUNGIL TERBAIK DI DUNIA

Apakah anda masih ingat dengan sistem tiki-taka yang diperkenalkan Barcelona dan terbukti dapat menjadi senjata ampuh bagi tim Catalans dalam memenangi 14 gelar bergengsi selama 4 tahun masa kepelatihan Pep Guardiola? Sistem tiki-taka ini melibatkan sejumlah pemain yang memiliki postur tubuh pendek, seperti Xavi, Iniesta dan Lionel Messi.

Tiki-taka dapat dilakukan dengan menjalankan serangkaian passing yang rumit dengan pola segitiga yang dapat membingungkan lawan. Banyak yang berpikir jika postur tubuh tinggi sangat penting dalam dunia sepakbola, namun setelah anda melihat permainan Barca, barulah anda tahu jika postur tubuh bukanlah jaminan sebuah tim untuk memenangkan pertandingan.

Selama 6 tahun terakhir, Barcelona telah menunjukkan kepada dunia sepakbola bahwa sebuah tim tidak perlu mengandalkan postur tubuh. Dalam beberapa tahun terakhir, mereka telah memenangkan gelar Liga Champions dalam 2 kesempatan yang terpisah.

Yang pertama berlangsung di Roma, Italia pada tahun 2009 kala menghadapi Manchester United. Berkat gol Samuel Eto’o dan Lionel Messi, klub Catalan berhasil menunjukkan bakat indah mereka. Yang kedua terjadi di Stadion Wembley tahun 2011 dan menghadapi Manchester United. Mereka berhasil menekuk Setan Merah dengan skor 3-1 dan itu semua berkat dari ukuran tubuh mungil pemain mereka.

Karena permainan sepakbola semakin berkembang ke seluruh pelosok dunia, tinggi dan rendah adalah sebuah anugerah yang baik. Dan inilah 10 pesepakbola bertubuh mungil terbaik di dunia, diantaranya adalah :

1. Benedict Vilakazi

Dirinya adalah sosok bukti jelas tentang sebuah kisah yang tak terduga. Pria asal Afrika Selatan yang bernama Benediktus Vilakazi dikenal sebagai pesepakbola bertubuh mungil di dunia. Tingginya hanya sekitar 5 kaki dan 2 inci, dia adalah salah satu pesepakbola terkecil di planet ini.

Kini ia bermain di liga Afrika bersama klub Botswana Meat Commission namun sayangnya postur tubuhnya yang mungil terkadang menyulitkan dirinya untuk bersaing dengan beberapa pemain seusianya. Ia mempunyai penampilan fisik yang berbeda jauh dari rekan setimnya, dan mereka menjulukinya dengan ‘Little Napoleon’. Vilakazi juga pernah membela timnas Afrika Selatan dan tampil lebih dari 30 laga serta mencetak 2 gol.

2. Nathan Dyer

Pemain lain yang mengesankan datang pada gelandang Swansea City bernama Nathan Dyer, ia memiliki postur tubuh setinggi 5 kaki dan 2 inci. Dengan membukukan sejumlah assist untuk namanya di musim ini, Dyer telah tampil mengesankan di liga sepakbola Inggris.

Di masa remajanya, Dyer memulai karirnya di Southampton dimana dirinya pernah satu tim dengan Gareth Bale dan Luke Shaw yang telah pergi untuk meniti karir yang lebih baik. Dia sekarang telah melakoni lebih dari 200 laga untuk The Swans dan kerap diduetkan dengan Gylfi Sigurdsson di lini tengah.

3. Santi Cazorla

Pemain bertubuh mungil lainnya adalah Santi Cazorla. Gelandang Arsenal ini hanya memiliki tinggi 5 kaki dan 4 inci, namun hal tersebut tidak membuatnya berhenti untuk menampilkan beberapa peforma terbaiknya.

Terutama hal ini terjadi saat Arsenal melawan Manchester City di Etihad, dimana Cazorla secara leluasa menguasai permainan lini tengah. Pada tahun 2012, Arsene Wenger mendatangkannya dari Malaga senilai US$ 30 juta. Sejak saat itu, Cazorla selalu menjadi andalan Wenger dan dirinya memainkan peran penting kala The Gunner memenangkan Piala FA musim lalu.

4. Alexis Sanchez

Striker timnas Chili bernama Alexis Sanchez adalah salah satu pemain berbakat di dunia sepakbola. Kemampuan serta naluri mencetak golnya yang tinggi berhasil membuatnya menjadi favorit penggemar Emirates. Sebelum meniti karirnya di Barcelona, ia terlebih dahulu bergabung di salah satu klub Serie A, Udinese.

Penampilannya yang sangat mengesankan kala membela Barca berhasil menarik perhatian sejumlah klub-klub besar Eropa. Ditambah lagi, ia juga tampil mengesankan dalam ajang Piala Dunia FIFA 2014 dan menerima banyak pujian. Ia didatangkan dari Barca senilai lebih dari US$ 50 juta dan segera diduetkan dengan Mesut Ozil di lini depan. Dengan tubuh mungilnya tersebut memungkinkan dirinya untuk melewati pemain lawan secara mudah dan halus.

5. Joe Allen

Ia memiliki tinggi 5 kaki dan 5 inci, gelandang Liverpool yang bernama Joe Allen adalah salah satu pemain berbakat lainnya. Bertubuh kecil namun memiliki kemampuan yang nyaris sempurna, pemain Wales ini pertama kali meniti karirnya di Swansea City. Ia berhasil tampil cemerlang dibawah asuhan Brendan Rogers di Stadion Liberty.

Meskipun demikian, serentetan cedera memaksanya untuk tidak tampil berpartisipasi dalam beberapa pertandingan. Allen kemudian hijrah ke Liverpool pada musim panas Agustus dengan biaya transfer senilai US$ 25 juta. Sejauh ini, ia gagal menembus kedalam skuad inti, namun usia Allen masih terbilang muda sehingga ia masih punya banyak waktu untuk menujukkan kualitasnya. Naas, saat baru memantapkan karirnya di Anfield, ia harus menjalani operasi pada bahunya.

6. Madson Formagini

Lahir di Brazil pastinya memiliki kemampuan unik di bidang sepakbola, terutama dalam hal penguasaan bola. Ambil contoh kasus yang dialami pemain asal Brazil bernama Madson Formagini. Ia hanya memiliki tinggi 5 kaki dan 3 inci namun hal itu tidak membuatnya berhenti untuk bermain sepakbola. Ia pernah membela dua klub di tanah kelahirannya seperti Vasco da Gama dan Santos. Formagini kemudian hijrah ke Timur Tengah dan membela klub Al-Khor yang berbasis di Qatar.

7. Levi Porter

Ia lahir dan dibesarkan di Inggris, Levi Porter tentu tidak keberatan jika dirinya dibebankan tugas dalam dunia sepakbola. Pemain ini hanya memiliki tinggi 5 kaki dan 3 inci. Meskipun perawakannya sangat kecil, Porter dapat bermain dengan sangat baik sebagai sayap di Shepshed Dynamo.

Popularitas Midland Football League mungkin terlihat sangat jauh dari Liga Premier namun penampilan Porter masih membekas karena sosoknya yang kecil. Walaupun berprofesi di liga yang lebih rendah, Porter tidak menyerah begitu saja. Dia memiliki beberapa pengalaman yang mengesankan di belakangnya, termasuk menjadi mantan anggota akademi Leicester City.

8. Daniel Villalva Barrios

Seorang pemain berbakat yang telah mewakili negaranya di tingkat U-17, Daniel Villalva mendominasi liganya sendiri. Pemain asal Argentina ini bermain sepakbola di tanah airnya dan bergabung ke River Plate pada tahun 2009. Ia memiliki tinggi 5 kaki dan dapat mempertahankan areanya di lini belakang dengan sangat baik. Ia lahir pada tahun 1992 dan merupakan pemain termuda yang pernah tampil untuk River Plate. Pada musim panas 2014, Barrios pindah ke Veracruz yang bermain di Liga MX.

9. Maximiliano Moralez

Ia dikenal sebagai ‘labu kecil’ atau ‘frasquito’, Maximiliano Moralez adalah seorang striker kecil yang mempunyai tinggi 5 kaki dan 4 inci. Pemain asal Argentina ini telah mengatasi sejumlah pertahanan tinggi di dalam waktu yang berbeda, tetapi faktor ini tidak menghentikan dirinya untuk bergabung dengan beberapa klub. Ia pernah bergabung dengan klub seperti Spartak Moscow di Rusia serta Atlanta. Dia juga dapat mengisi posisi sebagai gelandang serang dan dianggap sebagai salah satu pemain terpendek di Serie A.

10. Marcin Garuch

Mempunyai tinggi 5 kaki, Marcin Garuch bisa dibilang salah satu pesepakbola terkecil di planet ini. Namun kelemahannya tersebut tidak mengurangi keterampilan bolanya yang sangat baik. Pemain asal Polandia ini sudah menekuni sepakbola selama bertahun-tahun di tanah kelahirannya dan bermain untuk Miedz Legnica. Dia telah melakoni sejumlah pertandingan di liga sepakbola Polandia dan sampai saat ini masih menekuninya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *